100 Soal PG Dan Jawaban Tentang Macromedia Flash

100 Soal PG Dan Jawaban
Tentang Macromedia Flash



1. Salah satu kegunaan dari program Flash adalah sebagai berikut, kecuali…
A. Membuat animasi pendek
B. Membuat game
C. Membuat situs web interaktif
D. Membuat lagu

2. Perangkat lunak Flash adalah buatan ...
A. Multimediaa
B. Macromedia
C. Corel
D. Microsoft

3. Sebuah objek dapat menjadi beberapa macam clip, kecuali...
A. Movie Clip
B. Button
C. Graphic
D. Film Clip

4. Apa yang dimaksud dengan teknologi animasi? …
A. Teknik merancang dan membangkitkan gambar yang bergerak mengikuti pola tertentu.
B. Teknik gambar yang bergerak mengikuti pola tertentu.
C. Mengerakkan gambar dengan menggunakan bantuan computer.
D. Gambar bergerak

5. Apa fungsi Library didalam Flash ? …
A. Tempat menyimpan Simbol
B. Tempat menyimpan gambar-gambar
C. Tempat menyimpan video
D. Tempat menyimpan simbol-simbol dan gambar

6. Fungsi Mask pada flash adalah ….
A. Membuat tulisan muncul satu-satu
B. Memunculkan bagian yang tertutup shape
C. Menutup bagian animasi
D. Membuat gerakan dramatis

7. Apa fungsi keyframe dalam animasi flash ? …
A. Frame yang menentukan perubahan pada animasi.
B. Frame yang berisi action script
C. Frame kosong untuk menggambar suatu kunci animasi
D. Frame untuk mengatur kecepatan animasi

8. Fungsi Paint Bucket tools pada software flash adalah …
A. Memberikan efek gradasi
B. Memberikan efek gradasi radial
C. Mewarnai shape dengan warna solid
D. Menggambar dengan berbagai kombinasi warna

9. Fungsi utama perangkat lunak Flash adalah untuk ...
A. Menggambar
B. Menghitung
C. Laporan
D. Animasi

10. Singkatan dari fps adalah …
A. frame per second
B. file per second
C. keyframe per second
D. frame rate per second

11. Untuk memberi warna pada shape digunakan tool dibawah ini …
A. Transform Tool
B. Selection Tool
C. Sub Selection Tool
D. Paint Bucket Tool

12.  Macam-macam teknik animasi Flash adalah sebagai berikut kecuali …
A. Shape Tween
B. Motion Tween
C. Frame by Frame Animation
D. Motion Guide

13.  Komponen dalam Flash untuk meletakkan object di layar adalah …
A. Frame
B. Layer
C. Keyframe
D. Library

14. Semakin kecil angka fps, maka animasi yang dihasilkan semakin …
A. Lambat
B. Cepat
C. Lambat, terus berangsur-angsur cepat
D. Cepat, terus berangsur-angsur lambat

15.  Apa yang dimaksud dengan Movie Clip ? …
A. Komponen Flash untuk mengedit video
B. Komponen Flash yang memungkinkan kita membuat animasi lain di dalam animasi yang sudah ada
C. Komponen Flash untuk memberikan gradasi warna pada object
D. Komponen dasar untuk membentuk animasi

16.  Tool untuk menghapus gambar di Flash dinamakan …
A. Eraser Tool
B. Pen Tool
C. Rotating Tool
D. Transform Tool

17. Icon mata pada layer berfungsi untuk …
A. Mengubah sudut pandang dari animasi
B. Menampilkan dan menyembunyikan layer
C. Memberikan efek gradasi radial
D. Memperjelas setiap object pada stage

18.  Proses mengubah gambar bitmap menjadi bentuk shape di dalam Flash disebut …
A. Import Image
B. Distort Image
C. Tracing Image
D. Convert Image

19.  Adapun file-file gambar yang dapat dimasukkan ke dalam animasi Flash adalah, kecuali …
A. JPEG
B. BMP
C. CDR
D. PNG

20.  Fungsi Lasso tools pada software flash adalah …
A. Menyeleksi object yang bentuknya tidak beraturan
B. Membuat transisi object dari satu tempat ke tempat lain
C. Menggambar object yang sulit
D. Membuat gradasi warna dengan efek yang memukau

21.  Keuntungan Animasi Motion Tween dibandingkan dengan Frame by Frame adalah, kecuali …
A. Lebih cepat
B. Bisa menghilangkan object
C. Mampu mengubah bentuk object
D. Mengubah komposisi suara object dengan efek mp3

22.  Pada saat kita menekan COMMAND+ENTER, file animasi yang dihasilkan berekstensi …
A. .Exe
B. .Ppt
C. .Swf
D. .Fla

23. Bidang Flash yang dibuat untuk menggambar disebut …
A. Layer
B. Stage
C. Frame
D. Symbol

24.  Salah satu cara untuk menghindari dua shape yang saling tumpang tindih adalah …
A. Memisahkan dua shape ke dalam dua layer yang berbeda
B. Memberikan warna yang berbeda agar tidak tercampur
C. Membuat object yang berbeda sehingga mudah dibedakan
D. Tidak meletakkan object pada satu tempat


25.  Kumpulan objek di FLASH biasanya disimpan di ...
A. Files
B. Drawers
C. Libary
D. Folders


26.  Untuk membuat animasi pergerakan objek, biasanya dengan tahapan ...
A. Klik kanan – Tween – Create Animation
B. Klik kanan – Motion Tween - Create Animation
C. Klik kanan – Insert Frame - Create Animation
D. Klik kanan – create motion tween


27.  CW pada FLASH singkatan dari ...
A. CeWek
B. Celebrity Windows
C. Clock Wise
D. Clock Wide


28.  Gerakan animasi yang dapat diterapkan dalam Motion Tween adalah sebagai berikut ...
A. Skala
B. Posisi
C. Rotasi
D. Warna


29.  Tombol yang digunakan untuk menjalankan FLASH yang kita buat adalah ...
A. Enter
B. Alt & Enter
C. Ctrl – Enter
D. Shift – Enter


30.  File yang terbentuk ketika kita merekam tugas FLASH berekstensi ...
A. .Exe
B. .Fla
C. .Swf
D. .Html


31.  File FLASH yang dapat langsung dijalankan tanpa harus membuka program FLASH adalah file yang berekstensi ...
A. .Exe
B. .Fla
C. .Swf
D. .Gif


32.  Suatu frame kosong dimana didalamnya tidak ada objek disebut ...
A. Frame Set
B. Keyfframe
C. Blank Keyframe
D. Kanvas


33.  Suatu lapisan transparan yang berfungsi untuk mengatur peletakan objek-objek dalam suatu movie flash disebut ...
A. Payhead
B. Keyframe
C. Frame
D. Layer


34.  Teks pada flash terdiri atas tiga tipe, yaitu; kecuali ...
A. Static teks
B. Input teks
C. Left teks
D. Scroll


35.  Warna yang menggunakan gambar untuk mengisi fill pada suatu objek disebut ...
A. Warna mixer
B. Warna stroke
C. Warna bitmap
D. Warna fill


36.  Simbol yang berfungsi untuk membuat animasi tersendiri dan tidak tergantung pada time line utama disebut ...
A. Button
B. Movie clip
C. Graphic
D. Library


37.  Simbol yang berfungsi untuk membuat tombol sehingga user dapat berinteraksi disebut ...
A. Button
B. Movie clip
C. Graphic
D. Library


38.  Simbol yang berfungsi sebagai dasar untuk membuat objek dapat beranimasi disebut..
A. Button
B. Movie clip
C. Graphic 
D. Library


39.  Media tempat penyimpanan objek-objek yang telah kita jadikan simbol maupun objek-objek yang kita impor dari file lain disebut ...
A. Library
B. Simbol
C. Layer
D. Place


40.  Jenis file utama ketika kita menyimpan movie flash kita yaitu ...
A. .exe
B. .fla
C. .xls
D. .ptt


41.  ……. Adalah panel untuk mengorganisasikan layer dan mengontrol jalannya animasi flash.
A. Menu Bar
B. Timeline
C. Library Panel
D. Stage


42.   Panel untuk mengatur simbol yang akan digunakan untuk keperluan pembuatan animasi di sebut …..
A. Menu Bar
B. Timeline
C. Library Panel
D. Stage


43.  Pada Micromedia Flash 8, kondisi default ukuran stage adalah ….
A. 800 X 600 pixels
B. 600 X 800 pixels
C. 550 X 400 pixels
D. 400 X 550 pixels


44.  Untuk menambah layer pada timeline layer adalah dengan mengklik gambar nomor …..

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4


45.  Cara menambah frame adalah …..
A. Insert > Frame
B. Delete > Frame
C. Insert > Timeline Effects > Frame
D. Insert > Timeline > Frame


46.  …….. adalah frame induk yang berisi objek atau animasi symbol yang dibuat pada area stage.
A. Frame
B. Blank Keyframe
C. Convert to keyframes
D. Keyframe


47.   Untuk memainkan atau melihat hasil animasi yang telah dibuat adalah dengan mengklik
A. Control > Test Movie
B. Control > Movie
C. Control > Test
D. Control > Debug Movie


48.  Subselection tool digunakan untuk….
A. Mengubah bentuk melalui titik-titik pada pinggiran objek.
B. Mengubah warna objek.
C. Mengubah jenis frame pada sebuahlayer.
D. Mengubah warna stage.


49.  Shortcut Ctrl+B merupakan shortcut yang kita gunakan untuk….
A. Melakukan perintah paste pada objek yang telah dikopi.
B. Melakukan konversi objek.
C. Mengubah warna stage.
D. Mengubah bentuk objek.


50.   Shortcut yang digunakan untuk command Paste in Place adalah:
A. F6
B. F9
C. F5
D. Ctrl + Shift + V


51.  Shortcut Y berfungsi untuk …
A. Pencil Tool
B. Brush Tool
C. Ink Bottle tool
D. Paint Bucket Tool


52.  Shortcut B berfungsi untuk …
A. Pencil Tool
B. Brush Tool
C. Ink Bottle tool
D. Paint Bucket Tool


53.  Shortcut S berfungsi untuk …
A. Pencil Tool
B. Brush Tool
C. Ink Bottle tool
D. Paint Bucket Tool


54.  Shortcut K berfungsi untuk …
A. Pencil Tool
B. Brush Tool
C. Ink Bottle tool
D. Paint Bucket Tool


55.  Shortcut I berfungsi untuk …
A. Pencil Tool
B. Brush Tool
C. Eyedropper tool
D. Paint Bucket Tool


56.  Subselection tool digunakan untuk….
A. Mengubah bentuk melalui titik-titik pada pinggiran objek.
B. Mengubah warna objek.
C. Mengubah jenis frame pada sebuah layer.
D. Mengubah warna stage.


57.  Shortcut Ctrl+B merupakan shortcut yang kita gunakan untuk….
A. Melakukan perintah paste pada objek yang telah dikopi.
B. Melakukan konversi objek.
C. Mengubah warna stage.
D. Mengubah bentuk objek.


58.  Salah satu software keluaran Macromedia (sekarang telah diakuisisi Adobe) yang digunakan untuk mengedit gambar berupa vektor adalah….
A. Acrobat.
B. Dreamweaver.
C. Photoshop.
D. FreehanD.


59.  Shortcut yang digunakan untuk command Paste in Place adalah:
A. F6
B. F9
C. F5
D. Ctrl + Shift + V



60.  Free Transform tool digunakan untuk :
A. Memasukkan Text
B. Membuat obyek berbentuk persegi
C. Mengubah bentuk obyek
D. Memberi warna


61.  Kita dapat memasukkan sebuah gambar ke dalam stage dengan menggunakan perintah:
A. File _ Import _ Import to library
B. File _ Import _ Ctrl + R
C. File _ Import _ Import Video\
D. File _ Import _ Ctrl + Shift + O


62.  Tombol Shortcut key ctrl+shift+V digunakan untuk……
A. Paste in place
B. Break a part
C. Paste
D. Test Movie


63.  Sebuah gambar yang tersusun dari titik-titik warna dan raster(pixel) di sebut…..
A. Vektor
B. Bitpixel
C. Bitmap
D. Bitvektor


64.  Objek(teks atau gambar) yang bergerak disebut…….
A. Animasi
B. Guide
C. Shape
D. Flash


65.  Shortcut Ctrl+Shift+V digunakan untuk…
A. Insert key frame
B. Convert to symbol
C. Break apart
D. Paste in place


66.  Membuat animasi berubah bentuk menggunakan…
A. Motion tween
B. Motion path
C. Motion guide
D. Motion shape


67.  Shortcut F8 digunakan untuk…
A. Play
B. Insert frame
C. Insert key frame
D. Convert to symbol


68.  Tombol F6 adalah tombol untuk
A. Insert keyframe
B. Insert frame
C. Create motion tween
D. Insert layer


69.  Option untuk menampilkan text pada marcromedia flash adalah…
A. Pencil tool
B. Eraser tool
C. Line tool
D. Text tool


70.  Sebuah gambar yang tersusun oleh garis dan grafik adalah
A. Bitmap
B. Vector
C. Jpg
D. layer


71.  Hotkey untuk convert to symbol adalah…
A. Ctrl + C
B. Ctrl + k
C. F9 e. Ctrl + J
D. F8


72.  Untuk menggerakkan objek sesuai jalur yang diinginkan dengan menggunakan suatu garis yang memandu menggunakan…
A. Motion guide     
B. Motion tween
C. Motion shape
D. Guiding object


73.  Untuk memberi warna pada garis tepi menggunakan…
A. Hand tool             
B. Fill color
C. Eyedropper tool  
D. Paint bucket tool


74.  Short cut Ctrl+B sama dengan . . . .
A. Insert keyframe
B. Play
C. Break Apart
D. Paste


75.  Membuat animasi bentuk mengubah menjadi teks menggunakan animasi . . .
A. Motion Tween
B. Motion Shape
C. Motion Guide
D. Motion Path


76.  Shortcut F8 sama dengan . . .
A. Insert keyframe
B. Copy
C. Break apart
D. Convert to Symbol


77.  Sebutkan 3 jenis motion di animasi!
A. Motion tween, motion shape, dan motion guide
B. Motion ween, motion shop, dan motion tuour
C. Motion wan, motion lan, motion man
D. Motion insert, motion update, motion delete


78.  Perhatikan langkang dibawah ini
1. Buat obyek di frame
2. F8 lalu pilih movie clip
3. Insert keyframe di frame 20
4. Pindahkan obyek
5. Klik frame 1 lalu create motion tween
Susunan yang tepat cara menggunakan animasi motion tween adalah …
A. 5-4-2-3-1
B. 1-3-2-4-5
C. 1-2-3-5-4
D. 1-2-3-4-5


79.  Apakah guna dari shortcut key ctrl+ shift +v?
A. Undo
B. Copy
C. Paste in place
D. Insert keyframe


80.  Untuk melakukkan breakapart dilakukan…..
A. Crtrl B ( 2x )
B. Ctrl Z (2x)
C. Enter
D. F6


81.  Kegunaan dari motion tween adalah……
A. Mengatur gerak
B. Mengatur bentuk
C. Mengatur jalur
D. Mengatur tulisan


82.  Shortcut key untuk test movie adalah…
A. Ctrl + Z
B. Ctrl + J
C. F8
D. Ctrl + Enter


83.  Tombol Ctrl + B berfungsi untuk…
A. Break Apart
B. Convert to symbol
C. Insert Keyframe
D. Undo


84.  Untuk memperbesar atau mngecilkan tampilan layar, dapat digunakan…
A. Subselection tool
B. Hand tool
C. Brush tool
D. Zoom tool


85.  Hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak disebut dengan….
A. Film
B. Movie
C. Animasi
D. Cinema 


86.  Cara menambah frame pada flash adalah ….
A. Insert > Frame
B. Delete > Frame
C. Insert > Timeline Effects > Frame
D. Insert > Timeline > Frame


87.  Yang digunakan untuk mengatur kecepatan animasi pada layer dalam flash adalah….
A. Stage
B. Panel
C. Frame
D. Timeline
 

88.  Tool untuk mengatur tampilan lembar kerja pada flash adalah ….
A. Color
B. Options
C. Menu
D. View


89.  Kita dapat memasukkan sebuah gambar ke dalam stage dengan menggunakan perintah….
A. File – Import – Import to Stage
B. File – Import – Ctrl + R
C. File – Import – Import Video
D. File – Import – Ctrl + R


90.  Area tempat kita bekerja dan membuat objek atau animasi disebut….
A. Options
B. Timeline
C. Panel
D. Stage
 

91.  Cara untuk menyimpan hasil animasi pada flash dalam bentuk video adalah ….
A. File -> Export -> Movie -> (pilih) *.JPG
B. File -> Export -> Movie -> (pilih) *.FLA
C. File -> Export -> Movie -> (pilih) *.PNG
D. File -> Export -> Movie -> (pilih) *.AVI


92.  Untuk menyimpan dan mengubah file grafik flash ke format grafik lain adalah menggunakan menu….
A. Export
B. Import
C. Save as
D. Save in


93. Nama lain dari animasi stop motion adalah….
A. Clay motion
B. Kartun
C. Photo motion
D. Rare motion
 

94. Software yang digunakan untuk membuat animasi 2D adalah ….
A. CorelDraw
B. ACDC
C. Adobe Photoshop
D. Macromedia Flash
 

95. Shortcut key untuk test movie pada flash adalah….
A. Ctrl + J
B. F8
C. F9
D. Ctrl+Enter
 

96.   Bahasa pemrograman yang biasa digunakan dalam aplikasi pembuatan animasi Flash adalah….
A. PHP
B. C
C. Pascal
D. Basic


97.   Shortcut F8 pada flash digunakan untuk.…
A. Play
B. Insert frame
C. Insert key frame
D. Convert to symbol


98.  Efek transparansi pada animasi Motion Tween dinamakan …
A. Alpha
B. Tint
C. Mask
D. Guide


99.  Untuk menampilkan teks pada Adobe Flash kita menggunakan …
A. Text tool
B. Pencil tool
C. Line tool
D. Pen tool


100. Object yang bisa disimpan di dalam Library adalah, kecuali …
A. Gambar
B. Suara
C. Movie Clip
D. Layer


Mau Bertanya..???

About Zein Hamidzan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

9 comments:

  1. Kak,pada saat mempublish file ada beberapa jenis format file.kecuali apa pak?

    BalasHapus
  2. Trus ini kak,Jenis format suara apa saja yang dpat digunakan pda flash?

    BalasHapus
  3. kode program untuk menentukan transparansi objek pada macromedia flash adalah

    BalasHapus
  4. Disini di bilang nya ada jawabannya eh tapi kudu masuk web yg dimana webnya gak jelas jadi nyasar ke aov pubg tomlol

    BalasHapus
  5. Terus kak" Wipe adalah pilihan jenis?
    A.animasi transisi
    B.animasi abjek
    C.clip art
    D.pilihan tema

    BalasHapus
  6. Jawaban nya mana plis dong kasih tau

    BalasHapus